DETAIL ARTIKEL

( jogjabudyweb.com ) detail artikel


Cara Memilih Nama Domain Yang Baik

  • Artikel Ini Diterbitkan Tanggal 05 Oktober 2018

Domain adalah nama unik yang diberikan untuk mengidentifikasi nama server hosting pada jaringan internet. Domain ini untuk mempermudah penyebutan atau pemanggilan data/informasi pada sebuah server. Seperti kita ketahui, untuk mengakses ke lain komputer kita harus menggunakan IP Address. Nah domain ini merupakan alias untuk menggantikan rentetan IP Address tersebut.

TLD adalah nama belakang atau ekstensi dari domain. Contohnya adalah com org info net biz co.id dll. Name Server(NS) merupakan alamat atau lokasi dari suatu server. Misalnya kita mempunyai domain domainku.com yang tersimpan di server. Untuk menuju kesana, pihak server menyediakan NS supaya memudahkan dalam pengaksesan data.

Domain Name Sistem(DNS) adalah aturan yang dipakai dalam penamaan nama domain. Selain DNS ada istilah Propagasi DNS yaitu proses penyebaran dari DNS supaya dikenali oleh seluruh jaringan internet.

Cara Memilih Nama Domain Yang Baik

Tentukan dulu alasan dan tujuan anda membuat web.

  • Bila domain digunakan untuk personal sebaiknya gunakan nama kita sendiri atau bisa juga nama panggilan. Contoh: ¬†rudyfoller.com, amienrais.com, megawati.com, jusufkalla.com
  • Bila anda ingin membuat web untuk suatu komunitas sebaiknya gunakan nama komunitas tersebut. Contoh: bisnispemula.info, pebisnisindonesia.com dll

Bila ingin membuat web untuk promosi usaha/barang/jasa maka sebaiknya memilih nama domain yang berhubungan dengan usaha/barang/jasa yang ditawarkan atau nama perusahaan atau merk usaha.  Contoh: bursamobilku.com, afuacmobil.com , primadinamika-ndt.com dll.

Manfaat Nama domain yang baik adalah:

  • Nama domain yang baik dan bagus akan memberikan traffic pengunjung web yang lebih banyak.
  • Nama domain yang baik dan bagus akan mudah diingat oleh teman, sahabat, rekan bisnis, keluarga, pelanggan, maupun calon pembeli.